BRIN dan Universitas Chung-Ang Korea Selatan Bahas Peluang Kerja Sama Riset Nanoteknologi dan Material

Tangerang Selatan – Humas BRIN. Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material (ORNM) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Universitas Chung-Ang Korea Selatan, berupaya memperkuat kerja sama internasional dalam bidang nanoteknologi dan material.

Delegasi dari Universitas Chung-Ang, Jongin Hong mengunjungi ORNM BRIN di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) B.J. Habibie, Serpong, pada Senin (1/7), dan diterima oleh Kepala ORNM, Ratno Nuryadi.

Ratno menyampaikan apresiasi dan harapannya, agar kunjungan ini membuka jalan penjajakan untuk kerja sama antara kedua institusi. 

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan ini dan berharap dapat menggali potensi riset dan membangun kemitraan yang kuat dengan Chung-Ang University. Bersama-sama, kita bisa mendorong inovasi dan penelitian di bidang nanoteknologi dan material yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Ratno dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kepala Pusat Riset Polimer, Kepala Pusat Riset Fotonika, periset Pusat Riset Metalurgi, serta beberapa perwakilan Post-Doc di lingkungan ORNM. Diskusi melibatkan riset polimer, fotonik, dan metalurgi serta program BRIN seperti Degree By Research dan Post-Doc. 

Turut hadir pula Yati Suryati dari Biro Hukum dan Kerja Sama (BHKS) BRIN. Ia memaparkan beberapa contoh memorandum of understanding (MoU) yang telah dilakukan oleh BRIN dengan institusi luar negeri khususnya di bidang akademik. 

Dalam diskusi disampaikan juga tentang kepada delegasi Chung-Ang University mengenai program-program BRIN yang bisa diakses oleh sivitas akademik internasional seperti  Degree By Research dan Post-Doc yang dikelola oleh Direktorat Manajemen Talenta Deputi Sumber Daya Manusia Iptek BRIN.

โ€œDengan adanya diskusi kolaborasi penelitian ini, kami berharap akan terbuka lebih banyak peluang untuk memajukan teknologi nanomaterial melalui kerjasama internasional. Kunjungan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat yang luas bagi industri dan masyarakat di Indonesia dan Korea Selatan,โ€ pungkas Ratno. (sm, dok. rs, hrd/ ed: adl)

Tautan:

https://brin.go.id/ornm/posts/kabar/brin-dan-universitas-chung-ang-korea-selatan-bahas-peluang-kerja-sama-riset-nanoteknologi-dan-material