Sambut HUT ke-79 RI, ORNM BRIN Gelar Festival Kemerdekaan

Tangerang Selatan โ€“ Humas BRIN. Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material (ORNM) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kembali menggelar festival lomba 17 Agustus. Bertempat di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) B.J. Habibie, para sivitas dari berbagai pusat riset di bawah ORNM turut serta dalam perlombaan.

Tahun ini 2024, Pusat Riset Metalurgi (PRM) menjadi koordinator acara. Pada Kamis (1/8), rangkaian festival kemerdekaan dibuka dengan senam bersama yang diikuti dengan serangkaian lomba menarik. 

Kepala Pusat Riset Metalurgi, Ika Kartika, menyatakan bahwa tema kegiatan tahun ini menyesuaikan dengan tema hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI). “Acara kita mulai 1 sampai dengan 22 Agustus 2024, dengan semangat dan tema 17 Agustus tahun ini, yaitu semangat merdeka, semangat menuju Nusantara yang lebih baik,” ucapnya.

Ika menyebutkan bahwa tujuan acara ini adalah untuk membangun kembali semangat kemerdekaan dan menjalin silaturahmi antar sivitas di lingkungan ORNM. “Mudah-mudahan acara ini bukan acara hura-hura semata, tetapi kita lebih bersilaturahmi dan bisa bekerja sama,” ujarnya.

Pada tahun ketiga penyelenggaraannya, festival ini mengusung tema โ€œSemangat Merdeka, Semangat Berkarya Mengukir Prestasi Menuju Nusantara Baru, Indonesia Majuโ€. Sebanyak sembilan kontingen yang berasal dari delapan pusat riset dan satu organisasi riset turut serta dalam festival ini, termasuk pusat riset fotonika, fisika kuantum, material maju, kimia, teknologi polimer, metalurgi, teknologi pertambangan, sistem nanoteknologi, serta ORNM.

Festival lomba 17 Agustus ini memperebutkan piala bergilir ORNM, yang diikuti oleh semua sivitas se-ORNM dengan mempertandingkan berbagai macam lomba yang menarik baik indoor maupun outdoor.

Pada hari pertama pembukaan 1 Agustus, acara dimulai dengan senam bersama, kemudian dilanjutkan lomba masak kreasi olahan mie instan dan diikuti lomba games 17-an seperti makan krupuk, memasukkan pensil dalam pipa, estafet karet, balap karung, gaple, catur, serta tarik tambang. Selain itu juga diadakan bazar.

Sementara pada pertandingan olah raga dan seni meliputi badminton, tenis meja, futsal, voli, catur, gaple, serta fotografi akan mewarnai hari-hari menjelang puncak acara.

Puncak acara akan digelar pada tanggal 22 Agustus. Berbagai kegiatan menarik seperti lomba hias tumpeng, permainan tantangan, dan pengundian doorprize akan memeriahkan suasana. Tak lupa pula cara yang paling dinanti, yakni pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah. (hrd, rs/ ed: adl)

Tautan:

https://brin.go.id/ornm/posts/kabar/sambut-hut-ke-79-ri-ornm-brin-gelar-festival-kemerdekaan