Tarik Minat Pelajar Jadi Periset, BRIN Gelar Indonesia Science on Screen

Cibinong – Humas BRIN. Ilmu pengetahuan merupakan bekal yang sangat berharga bagi kehidupan manusia, karena dapat dimanfaatkan secara aplikatif pada kehidupan sehari-hari. Layaknya sebuah tradisi, ilmu pengetahuan sudah seharusnya dapat diwariskan bagi generasi penerus bangsa yang di masa depan akan menjadi tulang punggung bangsa Indonesia.

Sebagai inisiatif untuk melestarikan ilmu pengetahuan dan merangsang anak-anak Indonesia untuk lebih menyukai ilmu pengetahuan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar program Indonesia Science on Screen, yang dilaksanakan pada Indonesia Research and Innovation Expo 2024 (InaRI Expo 2024), di ICC Building Kawasan Sains Teknologi Soekarno, Cibinong, pada 8-11 Agustus 2024.

Host Indonesia Science on Screen Penny Sylvania Putri mengatakan, kegiatan ini bertujuan memperkenalkan kepada para pelajar, bahwa ilmu pengetahuan yang masih banyak dianggap oleh masyarakat sebagai sesuatu yang rumit, justru dapat dipelajari dengan berbagai cara yang menarik. 

Selain itu, program Indonesia Science on Screen juga diharapkan dapat menarik minat para pelajar untuk dapat menjadi seorang periset di masa yang akan datang, sehingga ilmu pengetahuan di Indonesia dapat diwariskan, dikembangkan, serta diaplikasikan untuk membawa manfaat bagi masyarakat.

โ€œProgram ini menunjukkan bahwa selain riset dengan skala kompleks, BRIN juga memiliki kepedulian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan pada skala sederhana untuk diperkenalkan kepada para pelajar,โ€ kata Putri.

Bekerja sama dengan multi-stakeholder seperti Goethe Institute Program Science Film Festival dan Komisi Pemberantasan Korupsi, Indonesia Science on Screen menampilkan beberapa film dokumenter dengan tema-tema pengetahuan, baik dari ilmu sosial maupun ilmu eksakta. 

Selain itu, terdapat kegiatan lain pada Indonesia Science on Screen, seperti Sosialisasi Program Akuisisi Pengetahuan Lokal BRIN, Diskusi Film Antikorupsi Bersama KPK, Diskusi Proses Kreatif Video Edukasi serta Lokakarya Audiovisual Seni Storytelling untuk Komunikator Sains, dan Eksperimen Bersama Goethe Institute yang memperkenalkan prinsip sains dasar seperti Hukum Bernoulli, Efek Magnus, hingga gaya gravitasi. (rm, sm/ ed: adl)

Tautan:

https://www.brin.go.id/news/120120/tarik-minat-pelajar-jadi-periset-brin-gelar-indonesia-science-on-screen