Ramadan Days

Day 1

“Jika tiba bulan Ramadhan, maka dibuka pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu semua setan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Day 2

“Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (ridha Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.” (HR. Bukhari)

Day 3

“Tidak ada puasa bagi orang yang tidak meniatkannya dari malam hari.” (HR. Ibnu Majah dan Al Albani)

Day 4

“Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau misk atau kasturi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Day 5

“Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Day 6

“Apabila kalian berbuka maka berbukalah dengan kurma, apabila dia tidak mendapatkannya maka berbukalah dengan air karena itu bersih.” (HR. Al-Albani)

Day 7

“Barang siapa tidak meninggalkan ucapan dusta dan berbuat jahat (padahal dia puasa), maka Allah tidak butuh ia meninggalkan makan dan minum.” (HR. Bukhari)

Day 8

“Segala amal kebajikan anak Adam itu dilipat-gandakan pahalanya kepada sepuluh hinggalah ke 700 kali ganda. Allah berfirman: ‘Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku memberikan balasan kepadanya karena dia telah meninggalkan syahwat dan makan minumnya karena Aku’.” (HR. Muslim)

Day 9

“Hendaklah kamu bersahur karena dalam bersahur itu ada keberkahannya.” (HR. Bukhari-Muslim)

Day 10

“Bersahurlah kalian walaupun hanya seteguk air.” (HR. Al Albani)

Day 11

“Orang-orang akan tetap dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (Muttafaq Alaih)

Day 12

“Puasa dan Al-Qur’an itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat. Puasa akan berkata, ‘Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberikan syafaat kepadanya’. Dan Al-Qur’an pula berkata, ‘Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya’. ‘Maka syafaat keduanya diperkenankan’.” (HR. Ahmad, Hakim dan At- Thabrani)

Day 13

“Setiap amalan bani Adam itu miliknya kecuali puasa, maka itu bagiku dan aku sendiri yang akan membalasnya.” (Muttafaq Alaih)

Day 14

“Barang siapa dari orang yang berpuasa maka akan dipanggil dari pintu Ar Rayyan.” (Muttafaq Alaih)

Day 15

“Dan puasa itu adalah perisai.” (Muttafaq Alaih)

Day 16

“Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan beramal dengannya, maka Allah tidak butuh ketika dia meninggalkan makannya dan minumnya.” (HR. Bukhari)

Day 17

“Barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti pahala orang yang berpuasa dan tidak dikurangi dari pahala orang yang berpuasa sedikitpun.” (HR. Al Albani)

Day 18

“Sesungguhnya barangsiapa yang shalat bersama imam sampai selesai, maka dituliskan baginya shalat semalam suntuk.” (HR. Al Albani)

Day 19

“Barang siapa lupa sedangkan ia dalam keadaan puasa, kemudian ia makan atau minum, maka hendaklah puasanya disempurnakan, karena sesungguhnya Allah-lah yang memberinya makan dan minum.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Day 20

“Ada tiga golongan orang yang tidak ditolak doanya mereka: orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil, dan doanya orang yang dizalimi.” (HR. Tirmidzi)

Day 21

“Nabi Shallallahu Alaihi Wa Salam apabila masuk pada sepuluh hari terakhir, beliau mengencangkan sarungnya dan menghidupkan malam malamnya dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari)

Day 22

“Umroh di bulan Ramadhan menyamai haji atau haji bersamaku.” (Muttafaq Alaih)

Day 23

“Carilah lailatul qadr pada sepuluh hari terakhir (di bulan Romadhan), apabila kalian tidak mampu maka janganlah kalian terlewatkan dari tujuh hari terakhir.” (HR. Muslim)

Day 24

“Adalah Nabi Shallallahu Alaihi Wa Salam paling dermawannya manusia dan beliau paling dermawan di bulan Ramadhan.” (Muttafaq Alaih)

Day 25

“Ya Rasulullah kalau aku mendapati lailatul qadr, doa apa yang aku panjatkan? Engkau berdoa, Ya Allah sesungguhnya engkau pemaaf, mencintai pemberian maaf, maka maafkanlah kami.” (HR Al Albani)

Day 26

“Berapa banyak dari orang yang berpuasa tidak mendapatkan bagian dari puasanya kecuali lapar dan dahaga, dan berapa banyak dari orang yang shalat tidak ada bagian untuknya kecuali begadang.” (HR. Al Albani)

Day 27

“Sesungguhnya bulan ini telah hadir kepada kalian dan di dalamnya ada malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang diharamkan atasnya, maka dia telah diharamkan atas kebaikan seluruhnya, dan tidaklah diharamkan dari kebaikannya, kecuali orang-orang yang diharamkan (dari kebaikan).” (HR. Al Albani)

Day 28

“Dan Allah memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka, dan itu setiap malam.” (HR. At Tirmidzi dan Al Albani)

Day 29

“Barangsiapa menghidupkan malam lailatul karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni baginya apa yang telah lalu dari dosa-dosanya.” (HR. Bukhari)

Idul Fitri

“Barangsiapa puasa bulan Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka seperti dia puasa setahun.” (HR. Muslim)