Jajaki Potensi Kolaborasi, Visiting Researcher UPM Malaysia Tinjau Laboratorium KST BJ Habibie

Tangerang Selatan – Humas BRIN. Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kerja sama internasional di bidang penelitian, Head of The Enzyme & Microbial Technology Research Center (EMTech), Universiti Putra Malaysia (UPM), Mohd Shukri Mohamad Ali mengadakan kunjungan ke fasilitas Laboratorium Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) B.J. Habibie – Serpong, Tangerang Selatan, pada Kamis (14/03).

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari kegiatan visiting researcher yang digagas oleh Direktorat Manajemen Talenta BRIN. Program ini sudah beberapa periode dibuka oleh BRIN. Hal ini dikarenakan peran visiting researcher sangat penting, dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan memperluas kerja sama antarlembaga penelitian.

Definisi visiting researcher adalah seorang profesional yang melakukan kunjungan ke lembaga penelitian lain, baik dalam negeri maupun luar negeri, untuk tujuan tertentu seperti pertukaran pengetahuan, kolaborasi penelitian, pengembangan jaringan, atau mengakses fasilitas dan sumber daya yang tidak tersedia di tempat asalnya.

Visit researcher sering kali membawa potensi untuk memulai atau mengembangkan kolaborasi penelitian antara lembaga penelitian yang berbeda. Dengan bekerja sama, peneliti dapat memperluas cakupan penelitian, meningkatkan kualitas hasil penelitian, dan mempercepat kemajuan dalam bidang tertentu.

Di KST B.J. Habibie, Shukri berkunjung ke beberapa fasilitas laboratorium, seperti Laboratorium Bioteknologi, Biomedika, dan Agroindustri. Dirinya terlihat sangat antusias pada beberapa topik penelitian dan fasilitas laboratorium yang tersedia di KST BJ Habibie.

“Saya sangat senang sekali dapat berkunjung ke BRIN Serpong melihat fasilitas dan berdiskusi tentang riset yang BRIN lakukan. Banyak potensi untuk kolaborasi riset yang mungkin bisa dilakukan di masa mendatang,” ucapnya.

Melalui kunjungan ini, para peneliti BRIN dapat bertukar pengetahuan dan pengalaman dengan rekan-rekan dari lembaga penelitian Malaysia. Hal ini dapat membuka wawasan baru, memperdalam pemahaman tentang topik penelitian tertentu, serta memperkaya metode dan pendekatan penelitian.

BRIN sebagai lembaga penelitian diharapkan mampu untuk mempromosikan diri, baik dalam hal keunggulan riset, fasilitas, atau kebijakan penelitian yang inovatif. Ini dapat membantu memperkuat citra institusi di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, promosi dapat dilakukan melalui seminar, konferensi, atau pertemuan dengan rekan-rekan peneliti di lembaga tujuan. (arf/ ed: adl)

Tautan:

https://brin.go.id/ornm/posts/kabar/jajaki-potensi-kolaborasi-visiting-researcher-upm-malaysia-tinjau-laboratorium-kst-bj-habibie