Kunker ORNM BRIN Tingkatkan Sinergi dengan FTI ITERA

Lampung-Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berkomitmen untuk lebih terbuka dalam melakukan kerja sama dengan mitra perguruan tinggi.

BRIN yang diwakili oleh Kepala Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material (ORNM) Ratno Nuryadi, didampingi oleh Kepala Pusat Riset Pertambangan (PRTPB) Anggoro Tri Mursito, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Fakultas Teknik Industri (FTI), di ruang rapat Gedung C dan D ITERA, pada Jumat (21/6).

Pihak ITERA menyambut baik inisiasi kunker BRIN ini. “Pihak ITERA juga sangat mengharapkan kunjungan dari pihak BRIN,” ungkap Hadi Teguh Yudistira selaku dekan FTI.

Beliau mengatakan selama ini peneliti BRIN Kawasan Lampung telah banyak mendukung ITERA. “Mulai dari bimbingan mahasiswa tugas akhir S1, MBKM, kerja sama Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM), sampai dengan menjadi Dosen Luar Biasa (DLB) di ITERA,” ujar Hadi.

“Namun sayangnya belum ada perjanjian kerja sama (PKS) secara tertulis di tingkat fakultas dan organisasi riset,” lanjutnya.

Dalam pertemuan tersebut, Ratno Nuryadi selaku Kepala ORNM, menyampaikan bahwa terdapat beberapa program di BRIN yang tidak hanya dapat di manfaatkan oleh pihak internal, tapi juga oleh pihak eksternal BRIN, khususnya oleh para pelaku akademisi di universitas.

“Program tersebut di antaranya adalah program peningkatan kapasitas SDM melalui Degree by Research (DBR) dan Beasiswa Doktor Talenta Riset dan Inovasi Nasional (LPDP-BRIN), serta program pendanaan riset seperti Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju Mekanisme dan Rumah Program Kedeputian ORNM yang pengajuannya bersifat kolaborasi antara BRIN dengan akademisi di universitas,” urai Ratno.

Sementara Anggoro Tri Mursito selaku kepala PRTPB, tak lupa mengapresiasi semangat para dosen ITERA yang selama ini aktif bersinergi dgn PRTPB khususnya para peneliti BRIN yang ada di Kawasan Lampung.

“Saya berharap dengan adanya kunjungan ini, dilanjutkan dengan rencana PKS, maka diharapkan jalinan kerja sama yang terjalin selama ini dapat terlaksana dengan lebih baik lagi,” pungkasnya. (flv/ ed: adl)

Tautan:

https://brin.go.id/ornm/posts/kabar/kunker-ornm-brin-tingkatkan-sinergi-dengan-fti-itera