Universitas Prasetya Mulya dan BRIN Perdalam Potensi Kolaborasi Riset Standardisasi Pengujian

Tangerang Selatan-Humas BRIN. Dalam rangka memperdalam kolaborasi riset antar stakeholder, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Teknologi Pengujian dan Standar (PRTPS) menerima kunjungan dari School of Science, Technology, Engineering and Mathematic (STEM), Universitas Prasetya Mulya di Gedung Graha Widya Bhakti, Kawasan Sains Teknologi (KST) B.J. Habibie Tangerang Selatan, Kamis (14/6).

Salah satu Ketua Kelompok Riset PRTPS, Muhammad Haekal Habibie menuturkan bahwa kesempatan ini merupakan sarana yang tepat bagi para mahasiswa untuk mengetahui dinamika riset dan kegiatan para peneliti di BRIN. 

“PRTPS juga ke depannya sangat terbuka dengan adanya kolaborasi riset dengan berbagai pihak terutama dalam rangka melaksanakan riset terkait dengan pengujian,” ucap Haekal.

“Dalam hal ini, para akademisi dari kampus seperti dosen dan mahasiswa dapat melakukan kolaborasi riset terkait dengan standar mutu yang ada di Indonesia baik untuk pengujian maupun tugas akhir dan penelitian,” tambahnya. 

“Selaku Organisasi Pemerintah, saat ini BRIN menjalankan amanat untuk menghadapi tantangan-tantangan yang akan dihadapi secara global dan nasional seperti Sustainable Development Goals,” jelas Haekal. 

Lebih lanjut, Haekal menyatakan bahwa untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan adanya infrastruktur yang baik untuk memenuhi standar dan penilaian kesesuaian seperti pengujian, inspeksi, sertifikasi, dan akreditasi. 

“Dengan membenahi kualitas mutu standar di Indonesia, kami berharap dapat membantu pemerintah untuk mencapai tujuan bersama,” tutup Haekal. (rm/ ed: ls, adl)

Tautan:

https://brin.go.id/ornm/posts/kabar/universitas-prasetya-mulya-dan-brin-perdalam-potensi-kolaborasi-riset-standardisasi-pengujian