BRIN Perkenalkan Produk Hasil Riset Material Aplikatif

Cibinong – Humas BRIN. Riset nanomaterial merupakan riset yang secara spesifik berfokus pada bidang skala nano, dengan maksud untuk menemukan unsur, senyawa, bahan maupun material yang dapat digunakan secara efektif dan efisien pada sektor industri. 

Pada gelaran Indonesia Research and Innovation 2024 (InaRI Expo 2024) tanggal 8-11 Agustus di ICC Building Kawasan Sains Teknologi Soekarno, Cibinong, Kabupaten Bogor, Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material (ORNM) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), membawa produk hasil riset seperti Coalite, Artificial Graphite Prototipe Battery 18650, Anoda Lembaran Battery, Geopolymer, Floater Buoy, berbagai macam Composite, hingga LiDAR (lightdetection and ranging) dan bioetanol.

ORNM BRIN juga tengah mengupayakan untuk melakukan riset dalam hal penggunaan limbah sebagai bahan baku produk, sehingga menjadi material yang lebih ramah lingkungan. Sebagai contoh, Floater Buoy, alat terapung yang merupakan komposit alami merupakan paduan sebagai bahan baku produk, sehingga menjadi material yang lebih ramah lingkungan.

Sebagai contoh, Floater Buoy, alat terapung yang merupakan komposit alami merupakan paduan antara limbah serbuk gergaji dan sebagai penguat resin polipropilena, memiliko kekuatan tarik sekitar 30 Mps dan dapat digunakan sebagai material lantai maupun dinding yang tahan terhadap rayap.

Ditemui secara terpisah, Kepala ORNM BRIN Ratno Nuryadi mengatakan bahwa InaRI Expo 2024 merupakan momentum yang sangat baik untuk memperkenalkan hasil riset yang selama ini dinaungi oleh ORNM BRIN. 

“Produk hasil ORNM BRIN ini menjadi bukti bahwa periset Indonesia memiliki potensi yang sangat baik untuk dapat dirangkul oleh sektor Industri dalam pelaksanaan penelitian dan pengembangan produk aplikatif,” jelasnya. 

Agar lebih bermanfaat, hasil riset yang dihasilkan oleh para periset dari ORNM BRIN perlu dikembangkan lebih lanjut melalui kerja sama dengan mitra akademisi maupun industri. (rm/ ed: adl)

Tautan:

https://brin.go.id/ornm/posts/kabar/brin-perkenalkan-produk-hasil-riset-material-aplikatif