BRIN Ajak Mahasiswa Fisika UIN Jakarta Kembangkan Teknologi Kuantum

Tangerang Selatan-Humas BRIN. Ilmu fisika kuantum berpotensi menjadi pelopor kemajuan industri di masa depan. Hal ini dikarenakan karena penerapannya dapat digunakan pada bidang material, komunikasi, energi, dan lainnya.

Dalam rangka memperluas wawasan praktis mengenai riset dan teknologi terbaru di bidang fisika kuantum, mahasiswa Program Studi Tadris Fisika dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta melakukan kunjungan edukatif ke Laboratorium Fisika Kuantum, BRIN di Gedung 71 Kawasan Sains dan Teknologi (KST) B.J. Habibie, Serpong, Tangerang Selatan, pada Rabu (26/6).

Periset senior dari Pusat Riset Fisika Kuantum, Joko Suwardy, memaparkan berbagai topik menarik seputar fisika kuantum, salah satunya Quantum Industrial Revolution, serta aplikasi praktisnya dalam teknologi modern seperti komputasi kuantum dan kriptografi kuantum.

Periset senior dari Pusat Riset Fisika Kuantum, Joko Suwardy, memaparkan berbagai topik menarik seputar fisika kuantum, salah satunya Quantum Industrial Revolution, serta aplikasi praktisnya dalam teknologi modern seperti komputasi kuantum dan kriptografi kuantum.

Joko menambahkan terkait perkembangan terbaru dalam penelitian fisika kuantum serta menyoroti bagaimana teori ini dapat membuka jalan untuk inovasi teknologi yang revolusioner. 

“Fisikawan kuantum saat ini, bekerja pada berbagai proyek yang bisa mengubah cara  memahami dan memanfaatkan teknologi. Dari komputasi yang jauh lebih cepat hingga sistem komunikasi yang sangat aman, potensinya sangat besar,” ujar Joko.

Baskan sebagai Koordinator Laboratorium Fisika Kuantum, menjelaskan kepada para mahasiswa tentang gambaran umum kegiatan dan fasilitas di laboratorium yang ada di KST B.J. Habibie. 

Selain itu, mahasiswa juga dapat menyaksikan berbagai peralatan dan eksperimen yang sedang berlangsung serta memberikan kesempatan untuk mengamati langsung penerapan Teori Fisika Kuantum dalam penelitian nyata.

Salah satu mahasiswa, Yasmin, menyatakan antusiasmenya setelah mengikuti kegiatan ini. โ€œPemberian materi dari narasumber yang sangat informatif, serta kami dapat melihat langsung alat-alat di laboratorium dan peragaan laboratorium radiasi dan SEM,โ€ ungkapnya.

Program kunjungan ini merupakan bagian dari komitmen UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta dalam memberikan pendidikan yang komprehensif dan aplikatif. Dengan memberikan pengalaman langsung di lapangan dan kesempatan untuk berinteraksi dengan para peneliti, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang lebih mendalam, serta siap berkontribusi dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. (sm,rs,mfn/ ed:ls,adl)

Tautan:

https://brin.go.id/ornm/posts/kabar/brin-ajak-mahasiswa-fisika-uin-jakarta-kembangkan-teknologi-kuantum