Delegasi UPN Veteran Jatim Jelajahi Fasilitas Riset Kimia BRIN

Tangerang Selatan – Humas BRIN.  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNVJT) dan Pusat Riset Kimia – Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRK – BRIN) berupaya menjalin kerja sama untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Delegasi UPNVJT, dipimpin oleh Silvana Dwi Nurherdiana, mengunjungi PRK – BRIN di KST BJ Habibie, Serpong, pada Kamis (6/6). Kunjungan ini bertujuan untuk membahas peluang kolaborasi riset dan meninjau fasilitas laboratorium kimia.

Egi Agustian mewakili Kepala PRK, dalam sambutannya menyampaikan, “Kami sangat senang menerima kunjungan dari UPNVJT. Kami berharap diskusi hari ini dapat membuka peluang kerja sama yang bermanfaat dalam pengembangan riset kimia yang aplikatif dan inovatif,” ucapnya.

Kedua belah pihak saling memperkenalkan profil dan memaparkan bidang riset unggulan mereka. UPNVJT menonjolkan pengembangan material ramah lingkungan dan Solid State Hydrogen Storage, sedangkan PRK – BRIN memamerkan sintesis material baru dan katalis industri kimia.

Selain itu, mereka membahas pendanaan riset, Degree by Research (DbR), Post Doctoral (Postdoc), dan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), serta membuka jalan untuk kolaborasi riset.

Diskusi dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium kimia yang dilengkapi peralatan canggih dan fasilitas riset modern. Para dosen UPNVJT terlihat antusias melihat berbagai instrumen dan teknik yang digunakan oleh para peneliti.

“Kami berharap kunjungan ini menjadi awal kerja sama strategis antara UPNVJT dan PRK – BRIN dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia,” ujar Silvana.

“Dengan kolaborasi, diharapkan dapat meningkatkan kualitas riset di kedua institusi dan menghasilkan solusi inovatif untuk berbagai permasalahan,” pungkasnya. (sm, hrd/ ed: adl)

Tautan:

https://brin.go.id/ornm/posts/kabar/delegasi-upn-veteran-jatim-jelajahi-fasilitas-riset-kimia-brin