Kolaborasi Riset Nanoteknologi dan Material, ITI Kunjungi KST BJ Habibie

Tangerang Selatan, Humas BRIN. Bertempat di ruang pleno gedung Manajeman 720, Kepala Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material Badan Riset Inovasi Nasional (ORNM – BRIN), Ratno Nuryadi menerima kunjungan Rektor Institut Teknologi Indonesia (ITI) Marzan Aziz Iskandar, pada Kamis (8/9). Kunjungan yang ini dilakukan dalam rangka kerja sama penelitian.

Dalam sambutanya, Ratno mengungkapkan bahwa saat ini nama Puspiptek (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) telah berganti nama menjadi Kawasan Sains dan Teknologi (KST) B.J. Habibie. 

Dijelaskan oleh Ratno pertemuan ini adalah tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang diadakan via daring. Ratno mengungkapkan di Badan Riset dan Inovasi terdapat 12 kedeputian. Di ORNM sendiri 7 Pusat Riset (PR) , yang berada di Serpong dan Lampung. 

Ratno lalu memperkenalkan para Kepala Pusat Riset yang hadir dari PR Kimia Maju, PR Material Maju, PR Teknologi Pertambagan, PR Fisika Kuantum, dan PR Metalurgi.

“Potensi kerja sama ke depan dari ORNM dengan ITI yaitu melalui MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dan kolaborasi riset,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor ITI menyampaikan sambutan bahwa kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat laboratorium yang berada di pusat riset pada ORNM-  BRIN.

Dipaparkan oleh Marzan, saat ini ada 60 mahasiswa ITI yang melanjutkan studi di BRIn. “Dengan adanya kehadiran mahasiswa ITI, kami harapkan dapat memberikan kontribusi positif dan membantu penelitian di BRIN,” harapnya.

Selanjutnya diadakan peninjauan ke laboratorium yang berada di Pusat Riset Pertambangan, Pusat Riset Material Maju, Pusat Riset Fisika Kuantum, Pusat Riset Teknologi Polimer, dan Pusat Riset Kimia Maju. (mfn/ ed. adl)