Sinergi BRIN dan UNDIP Perkuat Riset Bidang Kimia

Tangerang Selatan – Humas BRIN. Dalam upaya meningkatkan kompetensi riset, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) senantiasa mendukung sinergi dengan universitas. Salah satu universitas yang semangat bersinergi untuk bekerja sama dengan BRIN adalah Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Departemen Teknik Kimia, yang berada di Fakultas Teknik UNDIP ingin terus memperkuat kolaborasi riset dengan kunjungan yang signifikan ke Pusat Riset Kimia Maju (PRKM) BRIN, pada Rabu (12/07). Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara kedua institusi dalam mengembangkan bidang riset kimia di Indonesia. Delegasi UNDIP terdiri dari para profesor dan mahasiswa di bidang kimia disambut oleh Kepala PRKM, Yenny Meliana serta tim peneliti yang berdedikasi di pusat riset tersebut.

Perwakilan Teknik Kimia UNDIP, Didi Dwi Anggoro menyampaikan rencana kerja sama dengan BRIN. “Kunjungan kali ini bertujuan untuk mengadakan kerja sama dengan BRIN, baik itu tentang studi lanjut maupun studi bersama. Harapannya akan terbentuk kolaborasi, khususnya periset BRIN dengan mahasiswa S1, S2, dan S3 UNDIP maupun sebaliknya.  Untuk mahasiswa S1 dapat melakukan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) maupun magang di BRIN,” ucapnya.

Selama kunjungan, delegasi UNDIP dan tim peneliti BRIN mengadakan sesi diskusi terbuka untuk membahas berbagai topik riset. Mereka berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide inovatif dalam bidang riset kimia. Diskusi ini bertujuan untuk merangsang kerja sama riset yang lebih konkret dan berkelanjutan antara kedua belah pihak.

Kepala Pusat Riset Kimia Maju BRIN, Yenny Meliana mengatakan bahwa ada beberapa kegiatan di PRKM yang cocok untuk dikolaborasikan. Yakni bentuk riset bersama, pembimbingan, dan konferensi bersama.

“Kolaborasi antara PRKM dengan Teknik Kimia UNDIP dalam bidang riset bersama dan pembimbingan mahasiswa. Selain itu dalam waktu dekat ini joint conference melibatkan PRKM, UNDIP, dan Perhimpunan Periset Indonesia (PPI), yakni seminar internasional ISAC-ICCME 2023,” ulasnya.

Yenny berharap dengan menggandeng UNDIP kolaborasi dapat terus berjalan dan dapat meningkatkan kualitas publikasi lebih baik dari sebelumnya.

“Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan UNDIP dan BRIN dapat saling melengkapi dalam menghasilkan penemuan-penemuan inovatif di bidang kimia. Sehingga akan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan riset dan inovasi di Indonesia, serta menciptakan manfaat nyata bagi masyarakat,” tandasnya. (esw/ ed: adl, aps)

Sumber artikel di web BRIN :

https://brin.go.id/news/113285/sinergi-brin-dan-undip-perkuat-riset-bidang-kimia