Kawasan Thamrin Raih Juara Umum Turnamen Olahraga BRIN

Tangerang Selatan – Humas BRIN. Semarak perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (HUT ke-78 RI) terasa semakin lengkap, dengan digelarnya turnamen pertandingan olahraga antar Kawasan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Berlokasi di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) BJ Habibie, Serpong, Tangerang Selatan, kegiatan yang berlangsung selama dua hari (16-17/08) ini berakhir dengan pengumuman juara cabang olah raga.

Dalam pertandingan olahraga yang melibatkan tiga cabang olahraga populer, yaitu futsal, bulutangkis, dan tenis meja, ternyata berhasil mengumpulkan para atlet berbakat dari berbagai kawasan yang ada di BRIN. Hasilnya sebagai juara umum diraih oleh Kawasan Administrasi Thamrin.

Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN, Mego Pinandito, dalam penutupan acara HUT ke-78 RI menyampaikan pesan yang menginspirasi. Ia menekankan pentingnya kesehatan fisik dan mental melalui olahraga, serta hubungannya dengan keberhasilan dalam riset dan inovasi. “Selain itu juga pentingnya kolaborasi dalam meraih tujuan bersama, seiring dengan semangat peringatan HUT ke-78 RI,” ucapnya.

“Tidak terasa acara pertandingan olahraga dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI telah berakhir. Berolahraga merupakan suatu proses untuk kita menjadi sukses, karena badan yang sehat memiliki pemikiran sehat juga,” imbuh Mego.

Menurutnya, BRIN yang memiliki periset-periset yang andal, maka dengan tubuh yang sehat akan menciptakan hasil riset yang bermanfaat bagi bangsa. “Dengan berolahraga, ini merupakan salah satu cara kita meningkatkan kekompakan kita, menjadi satu kesatuan, karena riset tidak akan berhasil bila kerja sendiri,” jelas Mego.

Berdasarkan hasil pertandingan, dari cabang olahraga tenis meja dan bulu tangkis telah menjadi panggung prestasi gemilang para atlet. Hadiah pemenang untuk ganda putra, putri, dan campuran pada kedua cabang olahraga tersebut menjadi penyemangat tambahan bagi mereka yang berjuang keras.

Pada cabang tenis meja, kehebatan ditunjukkan oleh tim Kawasan Sains (KS) Subang yang berhasil meraih juara pertama ganda putra, sedangkan ganda putri berhasil dimenangkan oleh tim Kawasan Administrasi (KA) Thamrin. Sementara itu, gelar juara ganda campuran diraih oleh tim KST GA Siwabessy – Pasar Jumat. Sedangkan cabang bulu tangkis, KST Soekarno – Cibinong berhasil menjadi juara pertama ganda putra, KST BJ Habibie meraih juara ganda putri dan ganda campuran.

Tak kalah serunya, dalam final cabang futsal turut mempertontonkan pertarungan yang penuh semangat dan ketangguhan antara KA Thamrin melawan KST Soekarno. Tim Thamrin berhasil mengukir prestasi luar biasa dan meraih gelar juara pertama.

Dalam spirit persaingan yang sehat, berdasarkan perhitungan perolehan medali, akhirnya Kawasan Thamrin berhasil mencuri perhatian dengan menjadi juara umum dan berhak meraih piala bergilir Kepala BRIN. Penyerahan Ka BRIN Cup itu akan diserahkan pada acara Apel Pagi di kantor pusat Thamrin.

Ke depannya, turnamen olahraga ini diharapkan dapat berlanjut untuk dilaksanakan di Kawasan BRIN lainnya. Tidak hanya menjadi wadah kompetisi, tetapi juga merupakan ungkapan semangat persatuan dan kerja sama, yang dapat mendorong bangsa ini menuju prestasi lebih tinggi. 

Informasi pemenang pertandingan antar Kawasan BRIN adalah sebagai berikut :

I.         Tenis Meja

A. Ganda Putra :

Juara 1 : Subang

Juara 2 : Bandung

Juara 3 : Serpong


B. Ganda Putri :

Juara 1 : Thamrin

Juara 2 : Cibinong

Juara 3 : Serpong


C. Ganda Campuran

Juara 1 : Pasar Jumat

Juara 2 : Thamrin

Juara 3 : Serpong

II.  Bulutangkis


A. Ganda Putra :

Juara 1 : Cibinong

Juara 2 : Yogyakarta

Juara 3 : Surabaya


B. Ganda Putri :

Juara 1 : Serpong

Juara 2 : Gatot Subroto

Juara 3 : Cibinong


C. Ganda Campuran

Juara 1 : Serpong

Juara 2 : Cibinong

Juara 3 : Pasar Jumat

III.  Futsal

Juara 1 : Thamrin

Juara 2 : Cibinong

Juara 3 : Serpong

 (esw, ls, adl)

Tautan:

https://ppid.brin.go.id/posts/kawasan-thamrin-raih-juara-umum-turnamen-olahraga-brin