BRIN – UM Malaysia Jajaki Kerja Sama di Bidang Riset

Tangerang Selatan-Humas BRIN. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan Universiti Malaya (UM) Malaysia memiliki kesesuaian di bidang riset. BRIN juga melihat banyak bidang riset yang sejalan dengan UM, sehingga kolaborasi riset dapat terjalin dengan mudah dan lancar. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ratno Nuryadi selaku Kepala Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material (ORNM) BRIN saat melakukan pertemuan untuk menjajaki kerja sama dengan Faculty of Engineering Universiti Malaya yang berlangsung di KST B.J. Habibie, Serpong, pada Selasa (14/11).

Ia juga menyoroti kebutuhan peningkatan kualifikasi SDM di ORNM BRIN, terutama yang masih berstatus S2 dan S3. Kerja sama dengan UM diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi staf ORNM untuk memperoleh pengalaman dan pengetahuan lebih lanjut.

“Saat ini, di ORNM BRIN masih banyak staf yang belum memiliki gelar S2 dan S3, sehingga kami berharap dapat belajar di UM. Masih ada pertemuan untuk melakukan match making karena untuk Degree by Research (DBR) diperlukan promotor dari UM dan BRIN,” tambah Ratno.

Senada dengan Ratno, Kaharudin Dimjati Profesor dari UM, menyampaikan tanggapan positif terkait kerja sama ini. “Harapannya setelah pertemuan ini, akan ada kolaborasi antara BRIN yaitu ORNM dan OREM, dengan UM, khususnya di fakultas teknik. Sebelumnya, sudah ada pertemuan dengan Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Iptek BRIN, untuk memulai pembicaraan lebih lanjut mengenai kerja sama antara UM dan BRIN,” jelasnya.

Pada pertemuan tersebut, para Kepala Pusat Riset menyambut dengan antusias peluang kerja sama ini. Isnaeni, Kepala Pusat Riset Fotonik BRIN, menyatakan keinginannya untuk berkolaborasi dengan profesor riset UM. “Saat ini kami siap bekerja sama dengan UM di bidang fotonik melalui tiga orang periset di pusat riset kami, yang kebetulan hadir juga saat ini,” terangnya.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Kepala OREM BRIN serta para kepala pusat riset di lingkungan ORNM dan OREM. Kedua organisasi riset tersebut, menyampaikan potensi kerja sama di bidang riset yang dimiliki oleh masing-masing organisasi. Begitu pula dengan pihak UM, yang memaparkan profil universitas untuk mencari titik temu dalam kolaborasi yang berpotensi.

Berdasarkan hasil diskusi, BRIN dan UM menyatakan keinginan untuk menandatangani nota kesepahaman (MoU). “Langkah selanjutnya adalah akan membuat pertemuan lanjutan untuk melibatkan beberapa pihak dari BRIN. Untuk menandatangani nota kesepahaman pada akhir tahun ini, agar membuka pintu bagi kolaborasi riset yang lebih erat,” pungkas Ratno. (esw, ls, adl/ ed. ns)

Tautan:

https://brin.go.id/news/116701/brin-um-malaysia-jajaki-kerja-sama-di-bidang-riset