BRIN – Shizuoka University Jepang Sepakat Perkuat Iklim Riset

Tangerang Selatan – Humas BRIN. Dalam upaya memperkuat iklim riset, akumulasi pengetahuan, dan membuka peluang kolaborasi riset, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material (ORNM) bekerjasama dengan  Shizuoka University menggelar Shizuoka University-BRIN Workshop on Advanced Engineering Research and Cultural Exchange 2023 (SU-BRIN WAERCE 2023). Workshop dalam bentuk mini simposium ini dilakukan  di Kawasan Sains dan Teknologi B.J. Habibie, Tangerang Selatan pada Rabu (06/12).

Kepala ORNM, Ratno Nuryadi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini sebagai sarana untuk berbagi informasi tentang hasil riset, yang sedang dikembangkan antara kedua belah pihak. Kegiatan ini lanjut Ratno merupakan forum presentasi ilmiah hasil riset dan inovasi, yang bertujuan memperkuat iklim riset dan akumulasi pengetahuan. Selain itu forum ini dapat  menjadi wadah untuk membuka peluang kolaborasi riset antara Shizuoka University dengan BRIN.

Ia mengungkapkan bahwa kolaborasi antara peneliti BRIN dengan Shizuoka University sudah banyak terjalin. Hal ini dikarenakan banyaknya peneliti BRIN yang merupakan alumni dari Shizuoka University.

โ€œPada Juli kemarin, beberapa profesor dari Shizuoka University melakukan kunjungan dan diskusi ke BRIN. Melalui diskusi tersebut, maka akan dibuatkan payung kerja sama antar kedua belah pihak. Harapannya semoga kolaborasi ini semakin kuat dan banyak, serta menemukan kecocokan dalam melakukan riset bersama ke depan. Diharapkan juga acara ini ada diskusi yang kondusif juga  positif, โ€™โ€™harap Ratno

Selanjutnya Ratno juga memaparkan tentang “Sensor Kimia Berbasis Mikrokantilever Menggunakan Struktur Nano ZnO”. Ia menekankan bahwa pemanfaatan nanostruktur seng oksida (ZnO) dapat meningkatkan sensitivitas dan selektivitas deteksi.

Menurutnya penelitian ini menggambarkan potensi aplikasi sensor dalam mengenali variasi senyawa kimia dengan presisi tinggi, serta membuka peluang baru dalam bidang deteksi dan pemantauan kimia.

Sementara itu perwakilan dari Shizuoka University, Hiromu Hamasaki, menjelaskan tentang Karakterisasi Termoelektrik Bahan Semikonduktor dari Curah Hingga Nano. Hamasaki menerangkan hubungan termoelektrik dengan peningkatan target efisiensi konversi, serta metode yang digunakan struktur nano. Ia juga membahas sifat listrik ZnO (seng oksida), lapisan tipis Si (silikon), dan pengembangan teknik baru untuk mengukur sifat termoelektrik pada bahan nano.

Sebagai informasi workshop ini dihadiri oleh pengajar dan mahasiswa baik dari Shizuoka University maupun periset BRIN. Masing-masing peserta mempresentasikan hasil riset dan inovasi di bidang advanced engineering. (esw,ls,adl/ed:trs) 

Tautan:

https://brin.go.id/news/117030/brin-shizuoka-university-jepang-sepakat-perkuat-iklim-riset