Inovasi, Kunci Penting Dalam Industri Obat dan Obat Tradisional

Tangerang Selatan – Humas BRIN. Inovasi menjadi kunci penting dalam persaingan dunia industri obat-obatan. Tantangan yang dihadapi tidak sedikit. Saat ini  lebih dari 20 produk yang disahkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Untuk itu kami harus terus meningkatkan kualitas produk. Demikian pernyataan Kepala Organisasi Riset Kesehatan (ORK) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Indi Dharmayanti saat membuka rapat kerja Pusat Riset Bahan Baku Obat dan Obat Tradisional (PR BBOOT) di Kompleks Sains dan Teknologi B.J. Habibie, Serpong pada Rabu (28/2).

Indi menekankan pentingnya riset kolaborasi dan inovasi dalam mengembangkan obat-obatan dan obat tradisional. Hal ini ia sampaikan kepada seluruh sivitas PRBBOOT baik secara luring maupun daring. Adapun tema pada rapat kerja ini bertajuk “Peran Riset dan Inovasi Bidang Bahan Baku Obat Dan Obat Tradisional Dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Bangsa”. 

‘’Rapat kerja ini menjadi momentum penting dalam mendorong kolaborasi, inovasi, dan pengembangan riset di bidang bahan baku obat dan obat tradisional, yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan daya saing bangsa dalam industri kesehatan,’’ ungkap Indi.

Sementara itu Kepala PRBBOOT BRIN, Sofa Fajriah, menyampaikan tujuan rapat kerja ini ialah untuk mencapai target tahun 2024. “Tahun ini, kami memiliki beberapa target, termasuk publikasi, paten, dana eksternal, purwarupa, dan kegiatan kerja sama. Fokus utama kami dalam empat bidang riset, yaitu obat bahan baku kimia, sediaan farmasi, obat tradisional, dan pengembangan kawasan riset untuk obat tradisional,” ujarnya.

Harapannya tambah Sofa, melalui kegiatan ini PRBBOOT mendapatkan gagasan-gagasan baru, dan mengeksplorasi peluang kolaborasi. ‘’Selain itu rapat kerja ini dapat merumuskan strategi konkrit dalam menggerakkan sektor bahan baku obat-obatan menuju arah yang lebih baik, sekaligus membangun pondasi yang lebih kuat,” terang Sofa.

Bersamaan dengan itu, PRBBOOT dan PT Deltomed Laboratories melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama terkait pengembangan Obat Herbal Terstandar (OHT) sebagai imunostimulan produk herbal. 

Menurut Sofa, PT Deltomed merupakan sebuah perusahaan dibidang farmasi yang berpengalaman lebih dari 40 tahun. Hal ini terlihat dari komitmen mereka dalam mendukung pengembangan obat herbal tradisional. ‘’Produk-produk tersebut telah melalui proses riset dan pengembangan oleh ahli farmasi terpercaya, sehingga khasiat, mutu, dan keamanannya dapat dijamin,’’sebutnya

Selain gelaran kedua acara tersebut,  dilaksanakan juga Sosialisasi Program Manajemen Talenta, Sosialisasi Jabatan Fungsional dan PAK Integrasi serta Aplikasinya, dan Klirens Etik untuk Penelitian Bidang Kimia. (esw,Is/ ed:adl,trs)

Tautan:

https://www.brin.go.id/news/117718/inovasi-kunci-penting-dalam-industri-obat-dan-obat-tradisional