Melalui Forum Pertemuan dan Penganugerahan Sivitas, ORNM BRIN Perkuat Kolaborasi Riset Multidisiplin

Tangerang Selatan – Humas BRIN. Dari sekian banyak tradisi Islam di Indonesia, Halalbihalal menjadi tradisi yang paling populer. Halalbihalal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan, biasanya diadakan di sebuah tempat, naik auditorium, aula, dan sebagainya, oleh sekelompok. 

Tradisi ini memperkuat silaturahmi, oleh sebab itu Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material (ORNM), menggelar forum Temu Pegawai dan ORNM Awards 2024, dalam suasana halalbihalal yang bertempat di Ruang Auditorium Gedung Manajemen 720 (8/5). 

Sementara ORNM Awards 2024 merupakan penghargaan bagi Pegawai di Lingkungan Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material – Badan Riset dan Inovasi Nasional (ORNM – BRIN), yang memiliki kinerja tinggi dan berkontribusi besar terhadap capaian organisasi pada tahun 2023. Acara ini turut diselenggarakan bersamaan dengan acara Temu Pegawai ORNM, dengan Tema “Kolaborasi Multidisiplin Menuju Riset Berkualitas”.

Kepala ORNM, Ratno Nuryadi memberikan sambutan kepada sivitas ORNM yang terdiri dari delapan Pusat Riset. Ia menyampaikan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin atas nama pribadi dan ORNM. 

Ratno juga mengaitkan dengan ulang tahun BRIN yang ketiga. Ia memberi pesan kepada para sivitas ORNM untuk dapat lebih bersemangat dalam bekerja, walaupun tidak mudah untuk melakukan adaptasi pada kondusi yang ada saat ini.

”BRIN yang terlahir dari beberapa Lembaga Pemerintah Non Kementerian, di ulang tahun BRIN yang ketiga ini, semoga kita semakin bersemangat untuk melakukan riset dan inovasi untuk indonesia yang lebih baik ke depannya,” pesannya. 

Selain itu, manajemen ORNM ingin memberikan apresiasi kepada sivitas yang telah bekerja keras pada tahun 2023 dengan memberikan ORNM Awards. “Cukup sulit kita mementukan pilihan untuk menentukan siapa yang terbaik, karena prestasinya luar biasa banyak sekali, baik individu maupun kelompok dari pusat riset. Semoga bisa menjadi penyemangat bagi kita semua dalam bekerja,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, setiap Kepala Pusat Riset (PR) dan perwakilan periset turut memberikan ucapan dalam rangka halalbihalal ini. Mulai dari Kepala PR Teknologi Pertambangan, PR Sistem Nanoteknologi, PR Fotonika, PR Fisika Kuantum, PR Kimia, PR Teknologi Polimer, PR Metalurgi, dan PR Material Maju. 

Turut hadir dan memberikan materi, Vice President Manajemen Resiko PT Pindad, Hery Mochtady. Ratno mengundang Hery agar dapat memberikan masukan dan informasi bagi ORNM. Dia berharap dengan kesempatan yang diberikan ini para sivitas ORNM dapat meningkatkan wawasan ilmu.

”PT Pindad adalah salah satu partner kolaborasi eksternal kita. Walaupun BRIN masih berusia tiga tahun dan masih dalam tahap konsolidasi, saya berharap sivitas ORNM dapat lebih percaya diri dalam memberikan kontribusi. Kita diminta berkolaborasi mulai dari antar periset hingga industri, sehingga hasil-hasil risetnya bisa digunakan oleh masyakat dan menjadi inspirasi baik untuk kita maupun orang lain,” ungkap Ratno.

Hery memberikan materi mengenai ”Peran Industri Pertahanan dalam Mendukung Teknologi Pertahanan di Indonesia”. Dalam pemaparannya, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada industri masih sangat kurang. Meskipun demikian, sudah lebih baik karena sudah cukup banyak pihak di luar Pindad yang berusaha menaikan TKDN dengan melakukan riset di bidang Industri, tak terkecuali Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

”TKDN di industri kendaraan tempur tidak lebih dari 50%, masih lebih banyak impornya, ini merupakan tantangan untuk teman teman BRIN karena kita perlu inovasi dari Lembaga seperti BRIN,” jelasnya. 

Lebih lanjut Hery menjabarkan bagaimana semua pihak dapat berperan untuk industri pertahanan di Indonesia. “Pada intinya kita harus melakukan riset dan inovasi. Bagaimana kita sama-sama memanfaatkan kekayaan negeri kita untuk menjadi material yang dapat kita gunaan untuk negeri kita. Kami terbuka untuk ide-ide yang ada, mari kita lakukan kolaborasi bersama,” katanya.

Pada akhir acara, ORNM mengumumkan delapan periset terbaik dari delapan PR, satu tim manajemen terbaik ORNM, satu tim pengelola anggaran ORNM, dan satu kelompok riset terbaik ORNM. Para pemenang ORNM Awards 2024 adalah:

1. PR Sistem Nanoteknologi: Angga Hermawan

2. PR Fotonika: Dwi Hanto

3. PR Fisika Kuantum: Muhammad Yusrul Hanna

4. PR Teknologi Pertambangan: Maitrise Adji Kawigraha

5. PR Kimia: Witta Kartika Restu

6. PR Teknologi Polimer: Bidhari Pidhatika

7. PR Metalurgi: Sigit Dwi Yudanto

8. PR Material Maju: Didik Aryanto

9. Tim manajemen ORNM: Rizki Khairunnisa

10. Tim pengelola anggaran: Elsye Suranto

11. Kelompok riset PR ORNM: Peningkatan Nilai Tambah Mineral Logam Tanah Jarang

(ir, dok: hrd/ ed: adl)

Tautan:

https://brin.go.id/ornm/posts/kabar/melalui-forum-pertemuan-dan-penganugerahan-sivitas-ornm-brin-perkuat-kolaborasi-riset-multidisiplin