Semarak Festival 17 Agustus 2023 ORNM BRIN

image alt

Gambar Semarak Festival 17 Agustus 2023 ORNM BRIN

Tangerang Selatan-Humas BRIN. Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material Badan Riset dan Inovasi Nasional (ORNM-BRIN) menggelar acara Festival 17 Agustus di Gedung Manajemen Kawasan Sains dan Teknologi (KST) BJ Habibie, Kamis (24/08). Hal ini sebagai puncak rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 RI yang bertemakan Semarak Dirgahayu Indonesia.

Kepala Pusat Riset Fotonik, Isnaeni menyampaikan acara Festival 17 Agustus ORNM dihadiri para Kepala Pusat Riset, para periset, sekretaris pimpinan, sekretariat,  serta humas di lingkungan ORNM. “Senang sekali kita bisa lagi merayakan HUT ke-78 RI tahun ini di ORNM,” ujar Is kerap disapa.

Is mengatakan kegiatan ini merupakan tahun ke-2 ORNM membuat acara HUT RI.

“Semoga bisa berlanjut ke depannya dengan kemeriahan 17-an. Dengan kemeriahan 17-an ORNM menambah semangat kita untuk tetap beriset,” harapnya.

Ketua panitia Festival 17 Agustus ORNM, Mohammad Syahadi dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada sivitas ORNM yang telah berkontribusi dan berpartisipasi dalam memeriahkan acara lomba festival 17-an di ORNM, yang berlangsung pada 1-24 Agustus 2023.

“Terima kasih kepada rekan-rekan panitia atas kerja kerasnya, semangat dan kolaborasinya, sehingga sekian banyak lomba bisa di-organize sampai hari ini pun bisa terlaksana,” ucapnya.

“Terima kasih atas support-nya baik langsung maupun tidak langsung, secara material-inmaterial, sehingga selama hampir satu bulan dapat berlangsung secara meriah tanpa kendala apa pun,” ujar Hadi.

Pada penyelenggaraan di tahun ke-2 ini total diikuti oleh 8 kontingen, yang berasal dari 7 pusat riset dan 1 organisasi riset yaitu fotonik, fisika kuantum, material maju, kimia maju, polimer, metalurgi, pertambangan, serta organisasi riset nanoteknologi dan material.

“8 kontingen (7 PR dan 1 OR) bersusah payah berkompetisi demi menjadi juara,” jelasnya.

Dalam lomba 17 Agustus ORNM mempertandingkan  14 cabang antara lain: masak seblak, makan krupuk, balap karung, tarik tambang, futsal, bola voli, dan catur.

Kemudian pertandingan gaple, bulutangkis, tenis meja, fotografi, makan eskrim, pantun, serta menghias tumpeng.

“Kami tidak bisa membalas apa pun atas partisipasi dari bapak ibu semuanya. Saya hanya bisa mendoakan yang terbaik yang telah berpartisipasi, mendukung dan memeriahkan,” ungkap Ketua Panitia.

“Semoga selalu sehat, banyak rezeki, berkah, serta dilancarkan dalam melaksanakan tugas kedinasannya, serta dimudahkan KKM dan SKP-nya,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala ORNM, Ratno Nuryadi menyampaikan terima kasih atas usaha yang luar biasa kepada PR Fotonik menjadi panitia. Tahun sebelumnya PR Teknologi Polimer menjadi tuan rumah dan PR Fotonik menjadi pemenang, sehingga tahun ini mendapat kesempatan penghargaan menjadi panitia.

“Apresiasi yang besar atas kerja keras panitia dan juga semangat bapak ibu untuk meramaikan dan menyemarakan peringatan HUT RI ke-78 di sela-sela kesibukan kita melakukan riset dan inovasi di lab masing-masing,” ujar Prof Ratno.

Menurutnya, dalam rangka mengingat makna kemerdekaan RI bahwa dahulu para pejuang merebut kemerdekaan adalah kita mempunyai kewajiban untuk mengisi kemerdekaan. Salah satu bagaimana mengisi kemerdekaan adalah dengan melaksanakan tugas dan kewajiban kita. 

“Karena kita di BRIN melakukan riset dan inovasi maka aktifitas kita adalah riset dan inovasi. Itulah sebenarnya bagaimana kita untuk mengisi kemerdekaan,” urainya.

“Mudah-mudahan dengan suasana semangat kita memperingati kemerdekaan RI-78 sekaligus lebih menyelami lagi proses riset di tempat masing-masing, sehingga bisa meningkatkan ekosistem riset dan inovasi,” harap Kepala ORNM-BRIN.

Hasil lengkap pemenang lomba 17-an ORNM 2023:

  • Masak Seblak:  1. Tim Polimer, 2. Tim ORNM
  •         Makan Kerupuk: Metalurgi (Putra), Polimer (Putri)
  • Balap Karung: Metalurgi (Putra), Metalurgi (Putri)
  • Tarik Tambang: Tim Fisika Kuantum (Putra), Tim Fotonik (Putri)
  • Futsal: 1. Tim Kimia Maju, 2. Tim Metalurgi
  • Bola Voli: 1. Tim Metalurgi, 2. Tim Kimia Maju
  • Catur: 1. Kimia Maju, 2. Fisika Kuantum
  • Gaple: 1. Polimer, 2. Metalurgi
  • Bulutangkis: 1. Metalurgi, 2. Fotonik
  • Tenis Meja: 1. Materail Maju, 2. Fotonik
  • Fotografi: Fotonik (Kategori Kreatifitas), Pertambangan (Kategori                Human Interest), Fisika Kuantum (Katergori Sosmed)
  • Pantun: Metalurgi
  • Makan Ice Cream: Material Maju
  • Menghias Tumpeng: 1. Fotonik, 2. Tim ORNM

Juara umum festival lomba 17-an ORNM 2023 adalah PR Metalurgi

(hrd/ed:adl)

Sumber:

https://brin.go.id/ornm/posts/kabar/semarak-festival-17-agustus-2023-ornm-brin