Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material BRIN Kini Miliki Situs Web Resmi

image alt

Gambar Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material BRIN Kini Miliki Situs Web Resmi

Tangerang Selatan – Humas BRIN. Keberadaan situs web Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material-Badan Riset dan Inovasi Nasional (ORNM-BRIN) sangatlah penting sebagai wadah informasi yang dapat diakses oleh semua pihak, baik internal maupun eksternal BRIN.

Kepala ORNM BRIN, Ratno Nuryadi mengucapkan rasa syukurnya karena pada akhirnya mimpi sivitas ORNM untuk mempunyai situs web telah terwujud. Kini, ORNM telah mempunyai website resmi dengan tautan https://brin.go.id/ornm.

Ratno menyatakan bahwa teman-teman dari Tim Website ORNM telah bergerak cepat mengisi konten. “Ketika fasilitas website ini disediakan oleh pusdatin, tim langsung bergerak untuk bisa segera menghadirkan website ORNM ini,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan ini (brin.go.id/ornm) bisa menjadi sumber informasi bagi kita untuk mengenalkan ke dunia luar maupun untuk internal. Karena ini berguna buat kita,” harap profesor riset BRIN. 

Ratno juga meminta partisipasi dari seluruh pusat riset (PR) ORNM. “Untuk nantinya mengisi, memperbarui info, kemudian memberikan masukan, sehingga homepage ini step by step akan semakin baik kualitasnya,” imbuhnya. 

Salah satu anggota Tim Website ORNM, M. Yusrul Hanna memberikan sebuah gambaran singkat tentang fitur dan informasi apa saja yang ada di situs web ORNM tersebut. 

“Pada website ORNM memberikan informasi yang up-to-date untuk masing-masing PR, antara lain topik penelitian, lowongan research assistant (RA), lowongan pasca doktoral (postdoc), maupun informasi-informasi perihal hasil riset yang berhasil dipublikasikan oleh para periset ORNM,” sebutnya.

Lalu pada laman https://brin.go.id/ornm, tersedia beranda, informasi perihal PR, informasi berita terbaru, agenda, maupun pengumuman.

“Dari semua fitur, setiap minggu data-data langsung kita update, karena kita mengerjakan secepat mungkin,” terang Yusrul.

Dari menu fasilitas terdapat submenu laboratorium dan pendanaan. Submenu laboratorium berisi informasi seperti alat maupun gambaran singkat di bagian laboratorium. “Pihak luar dapat dengan mudah mengetahui laboratorium dan alat-alat yang umumnya digunakan oleh para periset ORNM-BRIN,” lanjutnya.

Kemudian untuk submenu pendanaan berisi tentang pendanaan, baik pendanaan internal maupun eksternal BRIN. “Ke depannya, informasi pendanaan riset dari luar negeri pun akan dimasukkan ke dalam submenu tersebut, agar diketahui oleh periset BRIN maupun pihak luar BRIN,” kata Yusrul.

Pada situs web ORNM ini pun menyediakan menu lowongan yang berisi tentang informasi-informasi tentang lowongan asisten riset, peneliti pasca doktoral, maupun peneliti tamu yang dikelola oleh Direktorat Manajemen Talenta BRIN. 

Ditemui humas pada kesempatan berbeda, Ketua Tim Website ORNM, Sasfan Arman Wella berharap adanya website ORNM ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. “Maka segala hasil riset dan inovasi, kesempatan kolaborasi, peluang pendanaan, dan sebagainya, dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat luas, baik dalam dan luar negeri,” jelasnya. (hrd/ ed: adl)

Sumber:

https://brin.go.id/ornm/posts/kabar/organisasi-riset-nanoteknologi-dan-material-brin-kini-miliki-situs-web-resmi