Periset BRIN Bahas Fungsionalisasi Permukaan dengan Material Polimer

Tangerang Selatan-Humas BRIN. Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material (ORNM) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar webinar Ornamat seri ke-35 dengan materi “Fungsionalisasi Permukaan untuk Mengontrol Sifat Fisikokimia Material Berbasis Polimer pada Fungsi/Aplikasi Tertentu”. Webinar yang digelar secara daring pada Selasa (19/9) ini menghadirkan Bidhari Pidhatika, dari Pusat Riset Teknologi Polimer BRIN, sebagai narasumber.

Fungsionalisasi permukaan adalah proses modifikasi pada tingkat nano yang melibatkan penggunaan material organik dan inorganik untuk memodifikasi permukaan material dasar. Hal ini dapat melibatkan ikatan kovalen atau non-kovalen antara material modifikasi dan permukaan material dasar.

“Definisi fungsionalisasi permukaan adalah suatu tindakan untuk memodifikasi permukaan suatu material dengan tujuan memberikan sifat fisis, kimia, dan biologis yang berbeda dari sifat-sifat permukaan awalnya,” jelas Bidhari.

Pentingnya modifikasi permukaan ini dapat dilihat dari fakta bahwa reaksi antara suatu material dengan lingkungannya dimulai dari permukaannya. Sebelum material tersebut berinteraksi dengan lingkungannya atau bagian lain dari material tersebut, permukaannya sudah berperan penting dalam reaksi tersebut.

Salah satu strategi yang sangat relevan dalam fungsionalisasi permukaan adalah penggunaan material polimer. Bidhari menerangkan alasan pentingnya material polimer dalam modifikasi permukaan. 

“Polimer sering disebut sebagai ‘the mother of materials’ karena kemampuannya untuk mengontrol sifat-sifat material dari proses sintesisnya. Dalam polimer, kita dapat mengendalikan panjang rantai, karakter hidrofobik atau hidrofiliknya, serta menambahkan gugus-gugus fungsi selama proses sintesis. Ini memberikan fleksibilitas yang besar dalam menghasilkan material yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi tertentu,” ulasnya.

“Saat ini, ORNM sudah memiliki kerja sama dengan mitra, yakni dengan para dokter gigi UGM dan beberapa mitra luar negeri,” ujar Bidhari.

Dalam kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi UGM, ORNM tengah mengembangkan membran generasi baru yang bertujuan untuk mengatasi kasus periodontitis, suatu kondisi yang disebabkan oleh infeksi bakteri di bawah permukaan gusi. 

Membran ini dirancang untuk merilis bahan tertentu yang akan merangsang pertumbuhan jaringan tertentu dan sekaligus menghambat pertumbuhan jaringan lainnya. Dengan menggunakan metode sintesis yang telah dipatenkan, mereka berhasil menciptakan membran berpori dengan ketebalan sekitar 100 mikrometer, yang diharapkan dapat mengatasi kasus-kasus periodontitis yang lebih efektif.

Kepala ORNM BRIN, Ratno Nuryadi, mengatakan bahwa webinar Ornamat Series merupakan salah satu upaya BRIN untuk mendukung penguatan iklim riset dan akumulasi pengetahuan. Webinar ini juga diharapkan dapat membuka peluang kolaborasi antar internal pusat riset di dalam ORNM maupun dengan pihak luar.

Ornamat Series ke-35 memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana fungsionalisasi permukaan dalam material berbasis polimer, yang dapat memberikan dampak signifikan dalam berbagai aplikasi. Acara ini juga menjadi sarana yang baik untuk memfasilitasi kolaborasi antarpeneliti dan praktisi yang tertarik dalam pengembangan teknologi material. Diharapkan, kegiatan seperti ini akan terus mendukung pertumbuhan riset dan inovasi di Tangerang Selatan dan Indonesia pada umumnya. (esw/ ed: adl)

Tautan :

https://brin.go.id/ornm/posts/kabar/periset-brin-bahas-fungsionalisasi-permukaan-dengan-material-polimer