Tingkatkan Kemampuan Analisis Material, BRIN Kenalkan Alat X-Ray Photoelectron Spectroscopy

Tangerang Selatan – Humas BRIN. Dalam upaya memperluas pengetahuan dan meningkatkan kemampuan analisis material, Kelompok Riset Material Fotokonversi, Pusat Riset Sistem Nanoteknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkenalkan teknik terbaru dalam identifikasi material.

Peneliti Pusat Riset Sistem Nanoteknologi BRIN Gerald Ensang Timuda berfokus pada riset penggunaan X-Ray Photoelectron Spectroscopy (XPS), untuk mengidentifikasi elemen dan keadaan kimia material.

XPS dikenal juga dengan Electron Spectroscopy for Chemical Analysis (ESCA). XPS merupakan salah satu teknik analisis permukaan yang kuat, yang digunakan untuk mengidentifikasi elemen dan keadaan kimia dari material. Alat Ini bekerja dengan memancarkan sinar-X ke permukaan sampel, dan mengukur energi elektron yang dipancarkan dari atom dalam sampel sebagai respons terhadap sinar-X tersebut.

Menurut Gerald, XPS merupakan alat yang sangat berguna dalam analisis permukaan material. “Alat ini membantu kami mengidentifikasi elemen dan keadaan kimia material dengan akurasi tinggi dan resolusi yang baik,” ungkapnya pada webinar Ornamat series ke-46, Rabu (24/4). 

“Dengan langkah-langkah yang teliti, seperti persiapan sampel yang cermat dan penguatan di ruang vakum, XPS memberikan data yang kaya tentang sifat-sifat material,” jelasnya.

Gerald menjabarkan bahwa proses analisis XPS melibatkan langkah-langkah seperti pengukuran energi elektron, analisis spektrum XPS, dan interpretasi data. Hasil analisis ini memungkinkan para peneliti untuk mengidentifikasi elemen yang ada dalam sampel dan keadaan kimianya.

“XPS tidak hanya membantu dalam identifikasi elemen, tetapi juga dalam memahami struktur kimia yang kompleks,” jelas Gerald.

Melalui pengenalan teknik ini, BRIN berharap dapat terus meningkatkan kemampuan analisisnya dalam mendukung penelitian dan inovasi di bidang material fotokonversi. “Penggunaan XPS ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan teknologi yang lebih canggih di masa depan,” pungkas Gerald. (esw,ls/ed: adl, tnt)

Tautan:

https://brin.go.id/news/118275/tingkatkan-kemampuan-analisis-material-brin-kenalkan-alat-x-ray-photoelectron-spectroscopy