Kunjungan Industri UNP ke Laboratorium Kimia dan Material KST BJ Habibie Serpong

Tangerang Selatan – Humas BRIN. Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan kunjungan industri ke Kawasan Sains dan Teknologi (KST) BJ Habibie – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Senin (17/10). Kunjungan tersebut untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan di bangku kuliah, yang kemudian diterapkan dalam kegiatan riset. Rombongan tersebut disambut oleh para periset dan operator Laboratorium Material Maju dan Kimia Maju.

Budhi Oktavia sebagai kepala Departemen Kimia FMIPA UNP, dalam sambutan pembukaan. “Kegiatan ini sebagai sarana dalam melihat-lihat laboratorium yang ada di pusat riset salah satunya di KST Habibie. Mahasiswa Angkatan 2020 semester V ini nantinya akan melakukan magang industri, dan penelitian,” ujarnya.

Selain itu, Sekretaris Departemen Kimia FMIPA, Edi Nasra berharap mahasiswa dapat mengajukan proposal untuk melakukan magang dan melakukan penelitian, sebagai aplikasi dari ilmu yang sudah diraih dari bangku kuliah.

Edi juga menjelaskan bahwa pada “Departemen Kimia terdapat mata kuliah kimia industri dan mata kuliah kunjungan industri. kunjungan ini merupakan salah satu syarat dalam memenuhi kelulusan mata kuliah kunjungan industri,” lanjutnya.

“Kegiatan kunjungan ke laboratorium BRIN ini, bertujuan untuk mempelajari instrumen-instrumen yang nantinya dapat impelemtasikan dalam pengukuran sampel penelitian nantinya,” ungkap Edi.

Pada sesi diskusi, salah satu mahasiswa mengungkapkan bahwa, “Banyak peralatan yang lengkap dan bagus, kami berharap dapat melakukan penelitian dengan peralatan yang rekomendatif  yang dimiliki BRIN,” terangnya. 

Di akhir kunjungan, salah satu dosen mengharapkan adanya kerjasama dengan BRIN terkait PKL, Magang, Tugas Akhir dan beberapa program pendidikan lainnya. Untuk itu, mereka mengharapkan adanya pembahasan lebih lanjut tentang kerjasama dengan BRIN.

Yenny Meliana, Kepala Pusat Riset Kimia Maju, yang sempat hadir dalam penutupan kunjungan UNP ini menyampaikan bahwa fasilitas BRIN terbuka untuk eksternal. “Silakan, jika adik-adik ingin PKL atau magang di sini. Fasilitas BRIN dapat digunakan untuk semua pihak,” jelasnya.

Untuk informasi awal, pihak universitas dapat melihat layanan kerja sama di bidang pendidikan yang diberikan BRIN melalui situs elsa.brin.go.id

“Semoga ke depannya adik-adik ke depannya bisa menjadi periset di BRIN,” pesan Yenny. 

Diwawancara humas dalam kesempatan terpisah, Kepala Pusat Riset Material Maju (PRMM) sangat mengapresiasi kegiatan kunjungan mahasiswa UNP. “Kami berharap kunjungan ini bisa menambah wawasan mahasiswa terkait kegiatan riset yang dilakukan di laboratorium material maju dan menjadi motivasi untuk melakukan kegiatan pembimbingan tugas akhir di PRMM,” tuturnya. 

“Kami juga berharap adanya kolaborasi berkelanjutan dengan UNP, baik dalam bentuk pembimbingan mahasiswa ataupun kolaborasi riset dengan dosen di UNP dalam topik-topik tertentu yang sdh ada di PRMM, maupun ide-ide baru,” tutupnya. (hrd, esw, ls/ ed. adl)