BRIN Sampaikan Arah Strategi Riset Optik dan Fotonik di Indonesia

Tangerang Selatan – Humas BRIN. Aplikasi optik dan fotonik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari peralatan elektronik rumah tangga, telekomunikasi, kesehatan, manufaktur, pertahanan, keamanan, sampai dengan entertainment.

Fakultas Teknik Instrumentasi, Institut Teknologi Surabaya (ITS), pada 29-30 November 2022 menghadirkan seminar internasional “The 5th International Seminar on Photonics, Optics, and its Applications (ISPhOA 2022). Tema kali ini adalah “Optics and Photonics for Sustainable Future”.

Kepala Organisasi Nanoteknologi dan Material (ORNM), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Ratno Nuryadi, menyampaikan Arah Strategi dan Kebijakan Riset Pengembangan Optik dan Fotonik di Indonesia pada Selasa (29/11).

Dijelaskan oleh Ratno, bahwa lebih dari 4500 perusahaan dari 50 negara di dunia yang memproduksi komponen-komponen optik dan fotonik. “Kebutuhan pasar global juga terus naik, dan benua Asia menduduki peringkat pertama pemakai produk optik dan fotonik, diikuti Eropa dan Amerika,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa meskipun Tiongkok menduduki peringkat pertama produsen optik dan fotonik, tetapi dari sisi keuntungan bisnis, negara Jepang masih memimpin. “Produk-produk optik dan fotonik tersebut merupakan hasil pengembangan riset bidang komponen optik dan material fotonik,” sebutnya.

Menurut Ratno, Indonesia termasuk mempunyai kebutuhan yang besar terhadap aplikasi optik dan fotonik ini. “Di bidang telekomunikasi, Indonesia mempunyai posisi yang sangat strategis, karena terletak di antara dua benua (Asia-Australia) dan dua samudra (Hindia-Pasifik), sehingga Indonesia bisa menjadi tulang punggung kabel optik bawah laut dunia. Oleh karena itu kerjasama riset di bidang optik dan fotonik sangat urgen diperkuat untuk membangun sinergitas dan sinkronisasi antar periset dan pegiat bidang optik dan fotonik di lndonesia ke depannya,” urainya.

Ratno menjelaskan secara detail tugas dan fungsi dari ORNM BRIN serta struktur yang di bawahnya. “Dalam ORNM BRIN ada tujuh pusat riset, yaitu Pusat Riset Kimia Maju, Pusat Riset Fisika Kuantum, Pusat Riset Material Maju, Pusat Riset Fotonik, Pusat Riset Metalurgi, Pusat Riset Teknologi Pertambangan, dan Pusat Riset Teknologi Polimer,” terangnya.

Lebih lanjut Ratno menjelaskan bahwa BRIN akan lebih fokus pada bidang optik dan fotonik, dengan kelengkapan sarana penelitian yang baik dan dengan SDM yang mampu berkontribusi dalam tingkat global.

“Kegiatan BRIN saat ini di bidang fotonik meliputi pengembangan nanopartikel optik berbasis teknologi laser untuk berbagai aplikasi, pengembangan teknologi spektroskopi material berbasis laser dan optik (LIBS, TeraHz), pengembangan teknologi serat optik untuk sensor bangunan, material, lingkungan, serta pengembangan alat nano berbasis optik dan laser untuk berbagai aplikasi,” ulasnya.

Sebagai informasi, seminar ISPHOA yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali ini, menghadirkan narasumber dari beberapa universitas dari dalam dan luar negeri, seperti Singapura, Thailand, Taiwan, India, dan Australia. Forum ini diharapkan dapat mendorong transfer hasil riset dan pengembangan ke dalam aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan industri, khususnya di seluruh negara-negara ASEAN dan kawasan tetangga lainnya. (ls, mfn/ed: adl)

Sumber : https://www.brin.go.id/news/110988/brin-sampaikan-arah-strategi-riset-optik-dan-fotonik-di-indonesia